Sabtu, 03 Oktober 2009

Panduan install PHPTriad

PHPTriad adalah software racikan yang telah disatukan (dipaketkan) terdiri dari PHP 4, MySql dan Apache. Hal yang harus dilakukan sebelum menggunakannya hanyalah instalasi, setelah itu software dapat langsung digunakan tanpa konfigurasi terlebih dahulu. Berikut panduan instalasinya.

Perlengkapan anda!

Sebelum anda menginstall PHPTriad, tentu saja anda harus memiliki perlengkapan dan persiapan. PHPTriad jalan di bawah platform windows, Jadi untuk windows 9x ataupun Windows 2000, NT, Me, ataupun XP tetap berjalan sama baiknya! untuk spesifikasi komputer tidak begitu memerlukan spesifikasi tinggi, asalkan komputer anda bisa menampilkan mode grafis.

Download PHPTriad! Anda boleh download dari www.download.com lalu ketikkan kata“PHPTriad”,

Paket PHPTriad (Termudah, 2 Menit)
PHPTriad adalah paket untuk Windows yang berisi Apache, MySQL, PHP, dan juga Perl. Semua yang dibutuhkan untuk mulai mencoba bermain-main dengan PHP.
Langkah pertama: Klik pilihan software > Semua paket > phptriad dari menu utama CD lalu download file installer .EXE-nya. Atau, download installer PHPTriad terbaru dari www.phpgeek.com.
Langkah kedua: Selesai didownload, jalankan instaler dengan dobel klik atau Enter. Tekan tombol Next untuk menyetujui perjanjian. Instaler akan mengekstrak semua file hingga selesai. Tekan tombol Close.
Langkah ketiga: Anda sekarang akan melihat Program Group PHPTriad di Start Menu. Pilih menu Start Apache. Sebuah window teks akan muncul bertuliskan “Apache/1.3.x (Win32) running…” Jangan tutup window ini kecuali ingin memberhentikan Apache. Selama bermain-main dengan PHP, Anda terus membutuhkan Apache. Minimize saja window Apache ini. Di tahap ini Anda sebetulnya sudah bisa mencoba skrip PHP. Tapi kita akan menjalankan MySQL dulu.
Langkah keempat: Jalankan MySQL dengan memilih Start Menu > Programs > PHPTriad > Start MySQL. Window teks yang serupa juga akan muncul lalu hilang dalam beberapa detik. Namun server MySQL telah berjalan, dapat Anda cek di Task Manager.
Langkah kelima: Cek Apache dengan membuka browser dan mengetikkan alamat http://localhost. Jika muncul halaman dengan tulisan “Welcome to PHPTriad…” maka instalasi berhasil.
Langkah keenam: Cek MySQL dengan mengklik link PHPMyAdmin di bagian bawah halaman Welcome. Jika Anda melihat halaman frame dengan tulisan “Welcome to phpMyAdmin 2.x.x…” maka instalasi berhasil.
Konfigurasi Apache berada di c:\apache\conf. Anda menaruh skrip-skrip PHP di c:\apache\htdocs. Parameter koneksi database MySQL: username='root', host='localhost', password='' (string kosong). Sebaiknya Anda nanti memberi password pada user MySQL dengan program mysqladmin. Lihat manual MySQL untuk jelasnya.
Nanti, setiap saat Anda ingin bermain-main dengan PHP, jalankan dulu Apache dan MySQL seperti diterangkan di atas. Di NT/2000/XP, keduanya dapat berjalan otomatis saat komputer dihidupkan, namun caranya di luar cakupan panduan ini. Silakan melihat panduan dari PHPTriad.
Selesai. Ke nomor 99.
Troubleshooting:
Jika window Apache di langkah ketiga hilang setelah beberapa detik, atau di langkah kelima Anda tidak mendapatkan halaman Welcome PHPTriad, maka kemungkinan ada webserver lain yang sedang berjalan, misalnya IIS. Solusinya, hentikanlah dulu IIS. Di Windows 2000/XP, caranya: pilih Start Menu > Programs > Administrative Tools > Services. Stop entri World Wide Web Publishing Service.
Jika window MySQL di langkah keempat hilang setelah beberapa detik, tapi di langkah keenam ternyata gagal dan muncul tulisan “Warning: MySQL Connection Failed…”, maka MySQL gagal berjalan. Cobalah menjalankan MySQL secara manual. Caranya: pilih Start Menu > Run lalu ketikkan c:\apache\mysql\bin\mysqld --console. Anda akan melihat window teks terbuka dan muncul tulisan “ready for connections”. Namun window ini jangan ditutup, cukup diminimize.

Tidak ada komentar: